Cirebon – Sekretaris Jenderal Serikat Nelayan Indonesia (SNI) Budi Laksana menyerahkan langsung paket bantuan sembako untuk Keluarga nelayan yang terkena dampak Covid-19 di Kabupaten Indramayu, Cirebon, dan Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Kegiatan tersebut merupakan Program Siaga Nelayan dalam rangka Inisiatif organisasi dalam membantu beban negara yang belum sampai menyentuh ke nelayan.

Budi menyerahkan paket bantuan secara langsung didampingi oleh Perwakilan Pengurus Cabang Serikat Nelayan Indonesia yang berda di tiga kabupaten. Paket bantuan tersebut berisi beras, gula, telor, mi instan dan minyak goreng.

“Ada 180 paket bantuan yang diserahkan hari ini. Semoga ini dapat membantu bapak-ibu. Kita harus tetap semangat, karena itu modal besar kita dalam menghadapi situasi PPKM Darurat sekarang,” ujar Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (7/7/2021).

Lanjut Budi, Sebelumnya Serikat Nelayan Indonesia juga menginisiasi Gerakan Barter Pangan bersama-sama dengan Organisasi Petani (Serikat Petani Indonesia), dalam gerakan tersebut berharap bisa dijadikan sebuah alternatif solusi dalam menghadapi situasi yang serba tidak menentu seperti sekarang Covid-19, ujarnya.

“Protokol pencegahan Covid-19 kita terapkan di seluruh nelayan Indonesia. Ini dilakukan agar operasional melaut tetap berjalan dan stok ikan sebagai sumber pangan tetap tersedia di meja makan,” tutupnya.