Lumbung Pangan Nelayan

Latar Belakang

Sebagaimana tertuang dalam arah perjuangan dan cita-cita SNI yakni Memberdayakan dan Memberikan Keadilan bagi seluruh Masyarakat Nelayan Indonesia, maka kiranya perlu dilakukan upaya-upaya yang sekiranya dapat dijadikan sebagai langkah konkrit dalam merealisasikan tujan mulia tersebut.

Bukan sebuah kebetulan, jika saat ini kita semua sedang menghadapi masa-masa sulit ditengah pandemi COVID19 yang mewabah seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia. Untuk nelayan, ini adalah kondisi yang sangat mempengaruhi berbagai sisi kehidupan mereka yang kian hari makin bertambah sulit. Ruang gerak dan aktivitas serba terbatas membuat mereka harus memutar otak untuk dapat bertahan hidup ditengah pandemi COVID19 ini.

Hal yang tidak berbeda juga dirasakan oleh sebagian besar petani di Indonesia akibat situasi ini. Mereka (petani) juga turut terdampak dengan adanya pandemi COVID19 yang membatasi ruang aktivitas mereka dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Atas dasar realita tersebut, kami Serikat Nelayan Indonesia berinisiatif untuk mencoba memberikan solusi nyata untuk menghadapi persoalan-persoalan petani tersebut melalui sebuah aksi solidaritas sekaligus sinergi antara nelayan dan petani untuk bersama-sama berjuang ditengah pandemi COVID19 yang sedang melanda ini.

Nama Program

Aksi solidaritas dan sinergi antara nelayan-petani dalam menghadapi wabah COVID19 ini merupakan salah satu wujud kepedulian sosial antar sesama. Dimana nantinya antara Nelayan dan Petani dapat saling bertukar hasil usahanya, yang dalam hal ini adalah Ikan dan Beras. Kemudian secara sederhana kegiatan ini dapat diwujudkan dengan cara "Barter Ikan dengan Beras".

Selanjutnya, atas dasar saran dan masukan dari berbagai pihak, SNI menamakan program ini sebagai "Lumbung Pangan Nelayan".

Maksud dan Tujuan

Maksud

Tujuan

Realisasi Program

Program Lumbung Pangan Nelayan telah dimulai sejak awal tahun 2020

Tinggalkan Balasan