Program

Program Perjuangan :

  1. Melindungi, mempertahankan dan memperkuat komunitas yang bergantung pada sektor perikanan dan kelautan sebagi sumber penghidupan mereka.
  2. Mendorong setiap anggota organisasi untuk mampu berdaulat atas sumber pangan dan meningkatkan keberdayaan ekonominya.
  3. Membangun kesepahaman bahwa sumberdaya alam adalah warisan milik bersama bagi semua orang, yang harus dijaga dan dikelola dengan cara-cara yang berkesinambungan, demi keberlangsungan generasi mendatang.
  4. Melindungi komunitas nelayan dan pesisir, sumberdaya perikanan dan habitatnya, seperti mangrove dari ancaman pembangunan, baik didarat maupun dilaut–termasuk relokasi untuk proyek pariwisata, pencemaran ( khususnya penggunaan laut sebagai tempat pembuangan limbah), industry aquakultur yang merusak lingkungan, overfishing dan berbagai praktek eksploitasi laut yang merusak.
  5. Menegakkan dan memperjuangkan hak komunitas nelayan terhadap wilayah tangkap tradisional mereka, dibawah jurisdiksi nasional.
  6. Memperjuangkan peran utama organisasi nelayan dalam mengelola sektor perikanan dan kelautan, baik ditingkat lokal, nasional dan internasional.
  7. Memperjuangkan kedaulatan pangan dalam skala lokal dan global dengan menjaga keberlanjutan sumberdaya perikanan untuk masa depan.
  8. Menolak upaya import krisis yang timbul akibat kelangkaan sumberdaya, serta teknologi dan praktek-praktek yang menyebabkan krisis tersebut.
  9. Menggalang potensi perjuangan ditingkat nasional untuk menekan setiap kebijakan anti rakyat dan   kerjasama global melawan internasionaliasi modal dan lembaga-lembaga pengusungnya.
  10. Mendorong dan mendukung nelayan tradisional yang belum terorganisir untuk segera berorganisasi.

Program Kampanye:

  1. Akses Dan Kontrol Terhadap Sumber Daya Laut dan menolak privatisasi sumberdaya pesisir dan laut.
  2. Keberpihakan dan perlindungan negara terhadap keberlangsungan hidup masyarakat pesisir dan laut (khususnya nelayan tradisional).
  3. Penghentian cara-cara dan praktek yang merusak sumber daya laut
  4. Subsidi untuk Penguatan perikanan Nasional.